Minggu, 03 Desember 2017

Tutorial cara setting Ip Address di PC WINDOWS

Hai para pengunjung setia blog FR.SKY dalam postingan ini admin akan menjelaskan bagaimana craa untuk mengsetting ip address di laptop atau komputer dan pada tutorial ini admin menggunakan win 8, oke inilah tutorialnya :
Langkah 1. Klik kanan pada gambar icon network yang ada pada taskbar dibawah seperti gambar ini. 

Langkah 2. Klik pada “Open Network and Sharing Center”.



Langkah 3Kemudian pilih “Change adapter setting”.

Langkah 4Klik kanan pada perangkat jaringan yang akan diberikan ip address. Jika komputer dihubungkan ke komputer lain menggunaka kabel / LAN, maka klik kanan pada Ethernet lalu pilih Properties

Langkah 5 Setelah masuk ke Local Area Connection Properties cari Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4). Dan double klik. Kenapa pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) bukan yang Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) karena yang versi baru akan ada di Indonesia tahun 2020

Langkah 6. Berikutnya masukkan IP address, Subnet maskDefault gatewayPreferred DNS server dan Alternative DNS server yang sudah ditentukan sebelumnya.
Contoh :
IP Address : 172.16.10.2
Subnet mask : Klik Pada Kolom Area Subnet mask, nanti akan otomatis terisi setelah kita mengisi IP Address. Jika ada bit nol ubah sesuai dengan perhitungan anda (perhatikan yang dilingkar pada gambar)
Default Gateway : 172.16.10.1
Preferred DNS server : 172.16.10.29
Alternate DNS server : 172.16.10.30
setalah selesai Klik Ok..


Langkah 7. Setelah selesai langsung buka saja cmd (command prompt) dengan cara tekan tombol Windows + R untuk memunculkan kotak dialog Run, kemudian ketik cmd lalu klik ok.

Langkah 8. Setelah muncul tampilan cmd ketik ip untuk melaukan pengetesan dengan cara ping 172.16.10.2 (ip sesuai yang dipunya atau dibuat) lalu klik Enter. Jika koneksi berhasil maka akan tertulis Reply & TTL. Dan dibawah ini contoh koneksi yang gagal atau tak berhasil.
Sekian tutorial dari saya semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua,

Dibawah ini saya akan menjelaskan sedikit tentang kode untuk pengetesan koneksi jaringan.
  1. RTO (Request Time Out) adalah ketika komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi). Biasanya terjadi karena adanya firewall, koneksi rendah dan koneksi terputus atau tidak terkoneksi.Cara mengatasi cek kembali Penulisan IP, cek kembali pemasangan kabel, matikan firewall, dan cek koneksi internet
  2. Destination Host Unreachable Terjadi jika host, jaringan, port atau protocol tertentu tidak dapat dijangkau atau masih mencari. Jika menemui pesan “destination host unreachable” maka ada beberapa masalah yang harus diperbaiki seperti kabel jaringan LAN Card atau Wireless USB kemungkinan tidak terhubung atau rusak ; HUB/Switch tidak terhubung atau rusak ; status LAN masih “Disable”.
  3. Reply adalah salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Reply akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.
  4. TTL (Time to Level) adalah nilai waktu termasuk dalam paket yang dikirim melalui TCP / IP berbasis jaringan yang memberitahu penerima berapa lama waktu untuk terus atau menggunakan paket atau data yang dimasukkan sebelum waktunya habis dan membuang paket atau data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar